MELANJUTKAN PERTEMUAN SEBELUMNYA

        Pertemuan : Tanggal 18 April 2020 

E. Teknik komunikasi
Teknik komunikasi merupakan suatu cara yang digunakan dalam menyampaikan informasi dari komunikator ke komunikan dengan media tertentu.
Beberapa teknik komunikasi, sebagai berikut.
a.       Informative communication (komunikasi informatif)
Informative communication adalah suatu pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang tentang hal-hal baru yang diketahuinya.
b.      Persuasif communication (komunikasi persuasif)
Komunikasi persuasif bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku komunikan yang lebih menekan sisi psikologis komunikan.
c.       Coersive/intruktive communicaton (komunikasi bersifat perintah)
Teknik komunikasi berupa perintah, ancaman, sangsi dan lain-lain yang bersifat paksaan. Teknik ini bias digunakan oleh atasan terhadap bawahannya yang menuntut adanya kedisiplinan kerja karyawannya.
d.      Human relation (hubungan manusia)
Hubungan manusia dilakukan untuk menghilangkan hambatan-hambatan komunikasi, meniadakan salah pengertian.
Selain teknik di atas terdapat beberapa teknik dalam komunikasi, sebagai berikut.
a.          Teknik berbicara dan bertanya efektif
b.         Teknik membaca efektif
c.          Teknik mendengarkan secara aktif dan efektif
d.         Teknik menulis efektif
        F.  7C untuk komunikasi efektif
a.       Clear (jelas)
Ketika berbicara atau menuliskan suatu pesan kepada orang lain, pastikan pesan yang diberikan memiliki tujuan yang jelas.
b.      Concise (ringkas)
Komunikasi harus dilakukan secara ringkas namun tetap focus pada poin yang ingin disampaikan.
c.       Concrete (konkret)
Pesan yang disampaikan harus konkret, sehingga pendengar atau pembaca dapat memahami dengan jelas pesan yang disampaikan secara keseluruhan dan focus pada maksud yang ingin disampaikan.
d.      Correct (benar)
Pesan yang disampaikan harus bebas dari kealahan tata bahasa sehingga mudah dimengerti oleh penerima pesan.
e.       Coherent (koheren/masuk akal)
Komunikasi koheren adalah komunikasi yang logis atau masuk akal, semua pesan yang diberikan sesuai dengan topic pembicaraan utama.
f.       Complete (lengkap)
Komunikasi harus lengkap, sehingga penerima pesan mengetahui maksud dan tujuan dari pesan yang bersangkutan.
g.      Courteus (sopan)
Komunikasi yang dilakukan dengan sopan, ramah dan terbuka tanpa ada sesuatu yang terselubung di dalamnya.
     G.  Hambatan komunikasi

a.       Hambatan pada proses komunikasi
1)      Hambatan dari pengirim pesan
Misalnya, pesan yang akan disampaikan belum jelas bagi dirinya atau pengirim pesan, karena dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
2)      Hambatan dalam penyandian/symbol
Terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyai arti lebih dari satu.
3)      Hambatan media
Misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
4)      Hambatan dalam bahasa sandi
Hambatan dapat terjadi dalam menafsirkan sandi oleh penerima.
5)      Hambatan dari penerima pesan
Missal, kurangnya perhatian pada saat menerima/mendengarkan pesan dan tidak mencari informasi lebih lanjut.
6)      Hambatan dalam memberikan balikan
Misal, tidak tepat waktu atau tidak jelas, dan sebagainya.
b.      Hambatan fisik
Misalnya gangguan kesehatan, gangguan alat komunikasi dan sebagainya.
c.       Hambatan semantic
Kata-kata yang dipergunakan dalam komunikasi kadang-kadang mempunyai arti ganda yang berbeda, tidak jelas, atau berbelit-belit antara pemberi pesan dan penerima.
d.      Hambatan psikologis
Misalnya perbedaan nilai-nilai serta harapan yang berbeda antara pengirim dan penerim pesan.

TUGAS !
1. Bagaimana teknik berkomunikasi yang baik? Sebut dan jelaskan!
2. Bagaimana caranya mengatasi hambatan komunikasi?
3. Carilah macam-macam hambatan komunikasi yang ada di sekitar kalian dan berikan penjelasan beserta contoh hambatan yang kalian temukan tersebut!

Kirim via WhatsApp atau Email.
Email : rizqiawardani7@gmail.com

Komentar

  1. Neng Yusabana Mubina XI OTKP 8 Hadir bu

    BalasHapus
  2. Mella destiana.M otkp7 hadir

    BalasHapus
  3. Ardi Darmansyah 11 OTKP 8 hadirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

TEKNIK PENYUSUNAN PESAN