TEKNIK PENYUSUNAN PESAN

Pertemuan: Tanggal 2 Mei 2020 

A.  Pengertian teknik penulisan humas
     Teknik penulisan humas (public relation writing) adalah suatu keterampilan menulis (writing skills) PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan atau organisasi. Tipe-tipe atau penulisan naskah public relations dapat dibagi menjadi dua bagian, sebagai berikut:
a. Berkaitan dengan media relation atau press relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertoral, dan press conference (press kit, atau media kit).   
b. Berkaitan dengan media promosi, informasi dan komunikasi perusahaan atau organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine atau komponen magazine, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, brosur dan sebagainya. 

Secara umum proses dasar menulis terdiri dari tiga tahap, sebagai berikut: 
a. Perencanaan 
  1. Merumuskan maksud  atau tujuan menulis.
  2. Tulisan untuk mata atau untuk telinga.
  3. Tulisan harus didasari oleh pokok pikiran.
  4.  Menganalisis khalayak atau orang yang menjadi sasaran pesan.
  5. Menetapkan media.     

b. Penulisan 
  1. Biasakah membuat draft. Draft disebut sebagai rancangan tulisan.
  2. Tulisan sederhana, jelas dan mengarah 
  3. Mengelola bentuk dan teknik penyajian pesan. 

c. Evaluasi 
   Tahap ini adalah tahap untuk melakukan pengecekan terhadap hasil tulisan. 

B. Jenis-jenis Penulisan Humas 
    a. Press release 
        Press release merupakan sebuah naskah sederhana yang bertujuan menyebarkan informasi kepada publik melalui media massa. 
   b. Feature 
         Feature merupakan artikel tentang sebuah cerita yang menganalisis berita, menghibur, atau menceritakan manusia, tempat, atau benda di dalam atau di luar berita. 
   c. Backgrounders 
           Backgrounders digunakan untuk membantu kebutuhan informasi pihak media massa dan pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap organisasi. Backgrounders berisi informasi yang lengkap dan detail mengenai produk, jasa, atau kebujakan perusahaan. 
   d. Factsheet 
         Factsheet merupakan gambaran dari sebuah perusahaan, produk, atau jasa. Factsheet adalah alat referensi bagi jurnalis karena meringkas poin-poin inti mengenai peristiwa. 
   e. Whitepaper 
       Whitepaper merupakan sebuah dokumen teknis yang menjelaskan produk atau jasa kepada orang-orang yang belum familier dengan produk atau jasa tersebut. 
   f. Brosur 
      Brosur dirancang sebagai display publik dan diusahakan agar konsumen terekspos oleh pesan sebanyak mungkin. Fungsinya adalah sebagai teknik komunikasi, membangkitkan tindakan, dan mengedukasi konsumen secara lebih detail melalui informasi.
   g. Web organisasi (internet)
        Karakteristik interaktif dari web dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan jika web digunakan dengan benar. internet memberikan peluang tambahan untuk memperbaiki citra dan reputasi perusahaan.
   h. Newsletter 
      Newsletter merupakan alat komunikasi PR yang murah dan paling efektif untuk menarik perhatian publik terhadap perusahaan.
    i. Surat Pembaca (letter to the editor)
     Surat pembaca berupa tanggapan, biasanya diawali dengan mengutip berita atau surat pembaca yang sebelumnya sudah dimuat, sehingga pembaca dapat mengetahui latar belakang masalah yang diklarifikasi.
    j. Advertorial (Adv)
     Advertorial (advertising dan editorial). gabungan antara promosi dan opini atau pemberitahuan tentang hal yang di promosikan produk, jasa, perusahaan, organisasi atau aktivitas. Bisa berupa berita atau artikel.
   k. Press conference/ media kit
     konferensi pers (press conference) yaitu, undang media untuk menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara yang digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.
   l. Laporan tahunan
    Laporan tahunan bisa menjadi daya tarik dan mampu mengomunikasikan intisari perusahaan melalui desain dan tulisan.
  m. Menulis siaran pers
      Menulis siaran pers itu merupakan bentuk utama kegiatan media relations. Siaran pers pada dasarnya merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan organisasi dengan publik-publiknya melalui media massa
  n. Evaluasi penulisan naskah
     Evaluasi diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh pesan yang ditulis bisa dikomunikasikan dan diterima dengan baik oleh publik sasaran.
     

Sumber: 
Modul Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XI (CV Putra Nugraha) 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

MELANJUTKAN PERTEMUAN SEBELUMNYA