TEKNIK PENYUSUNAN PESAN
Pertemuan: Tanggal 2 Mei 2020
A. Pengertian teknik penulisan humas
A. Pengertian teknik penulisan humas
Teknik penulisan humas (public relation writing) adalah suatu keterampilan menulis (writing skills) PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan atau organisasi. Tipe-tipe atau penulisan naskah public relations dapat dibagi menjadi dua bagian, sebagai berikut:
a. Berkaitan dengan media relation atau press relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertoral, dan press conference (press kit, atau media kit).
b. Berkaitan dengan media promosi, informasi dan komunikasi perusahaan atau organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine atau komponen magazine, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, brosur dan sebagainya.
Secara umum proses dasar menulis terdiri dari tiga tahap, sebagai berikut:
a. Perencanaan
- Merumuskan maksud atau tujuan menulis.
- Tulisan untuk mata atau untuk telinga.
- Tulisan harus didasari oleh pokok pikiran.
- Menganalisis khalayak atau orang yang menjadi sasaran pesan.
- Menetapkan media.
b. Penulisan
- Biasakah membuat draft. Draft disebut sebagai rancangan tulisan.
- Tulisan sederhana, jelas dan mengarah
- Mengelola bentuk dan teknik penyajian pesan.
c. Evaluasi
Tahap ini adalah tahap untuk melakukan pengecekan terhadap hasil tulisan.
B. Jenis-jenis Penulisan Humas
a. Press release
Press release merupakan sebuah naskah sederhana yang bertujuan menyebarkan informasi kepada publik melalui media massa.
b. Feature
Feature merupakan artikel tentang sebuah cerita yang menganalisis berita, menghibur, atau menceritakan manusia, tempat, atau benda di dalam atau di luar berita.
c. Backgrounders
Backgrounders digunakan untuk membantu kebutuhan informasi pihak media massa dan pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap organisasi. Backgrounders berisi informasi yang lengkap dan detail mengenai produk, jasa, atau kebujakan perusahaan.
d. Factsheet
Factsheet merupakan gambaran dari sebuah perusahaan, produk, atau jasa. Factsheet adalah alat referensi bagi jurnalis karena meringkas poin-poin inti mengenai peristiwa.
e. Whitepaper
Whitepaper merupakan sebuah dokumen teknis yang menjelaskan produk atau jasa kepada orang-orang yang belum familier dengan produk atau jasa tersebut.
f. Brosur
Brosur dirancang sebagai display publik dan diusahakan agar konsumen terekspos oleh pesan sebanyak mungkin. Fungsinya adalah sebagai teknik komunikasi, membangkitkan tindakan, dan mengedukasi konsumen secara lebih detail melalui informasi.
g. Web organisasi (internet)
Karakteristik interaktif dari web dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan jika web digunakan dengan benar. internet memberikan peluang tambahan untuk memperbaiki citra dan reputasi perusahaan.
h. Newsletter
Newsletter merupakan alat komunikasi PR yang murah dan paling efektif untuk menarik perhatian publik terhadap perusahaan.
i. Surat Pembaca (letter to the editor)
Surat pembaca berupa tanggapan, biasanya diawali dengan mengutip berita atau surat pembaca yang sebelumnya sudah dimuat, sehingga pembaca dapat mengetahui latar belakang masalah yang diklarifikasi.
j. Advertorial (Adv)
Advertorial (advertising dan editorial). gabungan antara promosi dan opini atau pemberitahuan tentang hal yang di promosikan produk, jasa, perusahaan, organisasi atau aktivitas. Bisa berupa berita atau artikel.
k. Press conference/ media kit
konferensi pers (press conference) yaitu, undang media untuk menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara yang digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.
l. Laporan tahunan
Laporan tahunan bisa menjadi daya tarik dan mampu mengomunikasikan intisari perusahaan melalui desain dan tulisan.
m. Menulis siaran pers
Menulis siaran pers itu merupakan bentuk utama kegiatan media relations. Siaran pers pada dasarnya merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan organisasi dengan publik-publiknya melalui media massa
n. Evaluasi penulisan naskah
Evaluasi diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh pesan yang ditulis bisa dikomunikasikan dan diterima dengan baik oleh publik sasaran.
g. Web organisasi (internet)
Karakteristik interaktif dari web dapat menjadi sarana yang efektif untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan jika web digunakan dengan benar. internet memberikan peluang tambahan untuk memperbaiki citra dan reputasi perusahaan.
h. Newsletter
Newsletter merupakan alat komunikasi PR yang murah dan paling efektif untuk menarik perhatian publik terhadap perusahaan.
i. Surat Pembaca (letter to the editor)
Surat pembaca berupa tanggapan, biasanya diawali dengan mengutip berita atau surat pembaca yang sebelumnya sudah dimuat, sehingga pembaca dapat mengetahui latar belakang masalah yang diklarifikasi.
j. Advertorial (Adv)
Advertorial (advertising dan editorial). gabungan antara promosi dan opini atau pemberitahuan tentang hal yang di promosikan produk, jasa, perusahaan, organisasi atau aktivitas. Bisa berupa berita atau artikel.
k. Press conference/ media kit
konferensi pers (press conference) yaitu, undang media untuk menyampaikan informasi, dilakukan tidak rutin, insidental sesuai acara yang digelar, baik sebelum maupun sesudah kegiatan.
l. Laporan tahunan
Laporan tahunan bisa menjadi daya tarik dan mampu mengomunikasikan intisari perusahaan melalui desain dan tulisan.
m. Menulis siaran pers
Menulis siaran pers itu merupakan bentuk utama kegiatan media relations. Siaran pers pada dasarnya merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan organisasi dengan publik-publiknya melalui media massa
n. Evaluasi penulisan naskah
Evaluasi diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh pesan yang ditulis bisa dikomunikasikan dan diterima dengan baik oleh publik sasaran.
Sumber:
Modul Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan SMK/MAK Kelas XI (CV Putra Nugraha)
Taufik Hidayatullah Xl OTKP 8 Hadir Bu
BalasHapusYuni XI otkp 8 hadir
BalasHapusNovia dwi aryani XI-OTKP_8 hadirr
BalasHapusMuhammad Aldi otkp 8 hadirr
BalasHapusAlya Yuliana XI Otkp 8 hadirr
BalasHapusM rais hadir
BalasHapusSifha Rahmawati 11 otkp 8 hadir bu
BalasHapusFera khairani XI otkp 8 hadir
BalasHapusBimby M Zimot XI OTKP 8 hadir
BalasHapusM. Abdul Karim XI-OTKP 7 hadir
BalasHapusZilda f otkp 7
BalasHapusmuhammad attar XI OTKP 8 hadir bu
BalasHapusWicia Wendi A otkpotkp8 hadir
BalasHapus